Jakarta, 2 Mei 2025, Swaragemati.id – PT. Segar Kumala Indonesia, TBK. Yang disebut SKI, yang juga bertindak sebagai profesional dalam melakukan pengawasan terhadap jalannya usaha SKI. Sejak didirikan pada Juni 2017 lalu, SKI telah beroperasi dengan sangat baik, sehingga mampu mencatatkan kinerja yang positif dan mampu secara betul-betul mencetak pertumbuhan yang cukup baik.
Dan pada tahun 2022, SKI menjadi perusahaan terbuka dan ikut berkiprah dan berkontribusi pada perkembangan pasar modal di Indonesia. Tahun 2024 adalah tahun yang penuh tantangan. Gejolak harga komunitas global, devisiasi rupiah, dan ketatnya persaingan menjadi faktor eksternal yang signifikan. Tahun 2024, SKI menjadikan pertumbuhan pendapatan 2,4 persen dengan pencapaian Rp2,2 triliun. Tentunya hal tersebut tidak lepas dari hasil kerja keras para profesional yang memimpin SKI, yang selalu mengikuti prinsip-prinsip good company.
Direksi telah menyusun rencana usaha yang mencerminkan potensi pertumbuhan, baik dari peluang yang tersedia di pasar domestik, maupun tantangan yang muncul dinamika kebijakan global. Fokus utama strategi tersebut adalah keberlanjutan, efisiensi, dan inovasi yang menjadi pilihan penting untuk menjaga stabilitas dan daya saing persaingan perseroan di setiap persaingan yang semakin ketat. Saya percaya bahwa strategi tersebut dapat mendukung pencapaian visi jangka panjang perseroan, saya yakin dengan komitmen bersama dapat terus melangkah maju dan mencapai pertumbuhan yang membawa dampak positif, tidak hanya bagi perseroan tapi juga mampu untuk kepentingan masyarakat luas. Dengan demikian, saya menyampaikan, rasa bangga, syukur, dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dan tetap mendukung kami sampai pada titik ini.
Perkenalkan, saya Reni Lauren selaku direktur utama dari PT. Segar Kumala Indonesia, TBK. kami ingin menyampaikan laporan kegiatan, laporan keuangan, pencapaian kami sebagai perusahaan terbuka kepada para pemegang saham. Ada pun daftar isi yang kami sampaikan pada hari ini adalah mengenai perseroan. target dan strategi bisnis, soal keuangan dan kinerja saham.
Pertama-tama saya akan membahas mengenai alat-alat perseroan. Indonesia TBK atau yang lebih dikenal dengan nama SKI yang telah berdiri sejak tahun 2017, di mana kegiatan usaha pasaran adalah perdagangan besar buah-buahan dengan usaha penunjang lainnya yaitu penjualan daging beku seperti ayam dan bebek. SKI merupakan perusahaan beragam buah-buahan terbesar dan terlengkap di Indonesia yang mampu menyediakan beragam produk buah-buahan berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri kepada masyarakat Indonesia.
Perseroan juga menampung beberapa supplier dan ekor lokal untuk menunjang daging unggas. Selamat malam. Satu visi kami adalah untuk menjadi perusahaan yang menyediakan buah-buahan segar dan berkualitas terbaik kepada masyarakat Indonesia. Untuk mencapai misi tersebut, misi yang diterapkan oleh perseroan adalah menyediakan produk buah-buahan segar yang memenuhi secata utuh, membuka jalur distribusi, dan percepatan pengiriman buah-buahan segar pada wilayah-wilayah di Indonesia, membangun kerjasama jangka panjang dengan suplier buah-buahan, baik lokal maupun internasional, membantu meningkatkan pemberdayaan lokal. Berikut adalah jajaran manajemen SKI. Bapak Hendri Susilo, seorang komisaris utama, sebagai bapak pendiri dari perseroan yang telah mempunyai pengalaman yang sangat lama dan banyak dalam industri buah-buahan di Indonesia. Bapak Hendro Susilo, selaku komisaris, sebagai bapak pendiri dari perseroan yang mempunyai banyak pengalaman baik management dan memiliki industri di luar. Bapak Bagus Abimanyu, selaku komisaris independen kami yang baru, dan sangat berpengalaman dalam coper finance dan investasi. Saya sendiri, Reni Lauren selaku direktur utama berpengalaman dalam bisnis utama perseroan di setiap perseraan di Indonesia. Ibu Fiyahudah Januari, selaku direktur. berpengalaman lebih dari 15 tahun dalam industri retail dan produk fast-moving consumer goods. Perseroan berdiri pada tahun 2017 dan kami terus bertumbuh, berekspansi, membuka cabang dan melakukan penetrasi pasar. Sampai tahun 2022 perseroan berhasil melantai di bursa, dan selama tahun 2024 perseroan bursa memperluas jaringan distribusi sampai ke pelosok daerah. Dan tetap mempertahankan kualitas persediaan, perseroan telah melakukan pembangunan mesin pendingin, pembelian kendaraan untuk kegiatan operasional, modal kerja, serta inventaris kantor guna meningkatkan penjualan dan laporan perseroan. Wilayah pembukaan cabang baru yang telah diatur persyaratan di tahun 2024 adalah Samarinda dan Pekanbaru, di mana pemilihan pembukaan cabang atas kedua wilayah tersebut tentunya telah melalui tahap pembagian yang matang dan telah diproyeksikan memiliki potensi krisis yang baik ke depannya. Maka sampai tahun 2024, total cabang yang dimiliki oleh SKI adalah 16 cabang.
Selanjutnya saya akan membahas target dan bisnis perseroan. Target bisnis perseruan di tahun 2025 adalah 1. Mempertahankan dan mempertukar posisi perseruan sebagai salah satu importer buah-buahan terbesar dan terlengkap di Indonesia. 2. Meningkatkan angka perjualan yang lebih tinggi dibandingkan perjualan sebelumnya. 3. Meningkatkan profitabilitas yang lebih baik dan lebih tinggi dibandingkan perjualan sebelumnya. 4. Meningkatkan pertumbuhan dan memberikan keinginan tambah pada semua.
(Swg.id)